Hubungan Tipe Kepribadian ENFJ

4.509 12/15/2017 - 12:59 Miarana ExSys
ENFJ - Extraverted Feeling with Introverted Intuition - The Giver

Analisis Hubungan Tipe Kepribadian ENFJ

ENFJ menaruh banyak perhatian dan antusiasme ke dalam hubungan mereka. Hingga batas tertentu, ENFJ mendefinisikan dirinya sendiri berdasarkan kedekatan dan keaslian dari hubungan pribadinya, dan maka dari itu sangat memperhatikan pentingnya hubungan. Mereka punya kemampuan bersosialisasi yang bagus, dan punya sifat penuh kasih sayang dan perhatian. Mereka secara hangat menguatkan dan menjaga. Unggul dalam mengeluarkan yang terbaik dari diri orang lain, dan dengan hangat mendukung mereka. Mereka ingin merespon penguatan dari hubungannya, meski mereka memiliki masalah dalam memintanya. Saat situasi memerlukannya, ENFJ akan menjadi sangat tajam dan kritis. Setelah membuat pandangannya, mereka akan kembali ke sifat alaminya, hangat diri. Mereka mungkin punya kecenderungan untuk "membekap"  kekasihnya, tapi umumnya sangat dihargai atas kehangatannya yang asli dan sifat perhatiannya.

Kekuatan ENFJ Dalam Berhubungan

Kebanyakan ENFJ akan punya kekuatan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Kemampuan komunikasi verbal yang baik
  • Sangat perseptif terhadap pemikiran dan motivasi orang-orang
  • Memotivasi, inspiratif, mengeluarkan yang terbaik dari diri orang lain
  • Dengan hangat memberikan kasih sayang dan dukungan
  • Asik untuk diajak - selera humor yang hidup, dramatis, energik, optimistik
  • Pintar mengatur uang
  • Mampu "move on" dengan cepat dari hubungan yang gagal (meski mereka menyalahkan dirinya sendiri)
  • Setia dan berkomitmen - mereka ingin hubungan yang langgeng hingga akhir hayat
  • Berusaha untuk "win-win situation"
  • Terdorong untuk memenuhi kebutuhan orang lain

Kelemahan ENFJ Dalam Berhubungan

Kebanyakan ENFJ akan punya kelemahan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Kecenderungan membekap dan over-protektif
  • Kecenderungan mengontrol dan/atau manipulatif
  • Tidak terlalu memperhatikan kebutuhannya sendiri
  • Cenderung jadi kritis terhadap pendapat dan sikap yang mana tidak cocok dengan dirinya
  • Terkadang tidak sadar akan etika sosial atau protokol
  • Sangat sensitif terhadap konflik, dengan kecenderungan untuk menyapu hal-hal ke dalam karpet sebagai taktik penghindaran
  • Sistem penilaiannya yang didefinisikan dengan tajam membuatnya tidak terbengkokkan pada beberapa area
  • Mereka bisa jadi terlalu mengikuti apa yang diterima secara sosial atau dengan kata lain mereka tidak mampu menilai apakah sesuatu itu "benar" atau "salah" selain berdasarkan dari apa yang dipercayai oleh lingkaran sosialnya.

ENFJ Sebagai Seorang Kekasih

"Mencintai berarti membuka diri kita terhadap hal negatif maupun positif - untuk kesedihan, dukacita, dan kekecewaan serta sukacita, pemenuhan, dan intensitas kesadaran yang sebelumnya tidak kita ketahui bisa terjadi." - Rollo May

ENFJ adalah kekasih yang hangat dan berkomitmen, yang rela melakukan apapun untuk "hubungan"nya. Mereka berdedikasi secara total pada hubungan, dan pasangannya, dan punya kemampuan spesial dalam memberi kehangatan dan dukungan sehingga mengeluarkan yang terbaik dari diri pasangannya. Mereka menjaga komitmennya dengan sangat serius, dan cenderung menaruh banyak usaha untuk membuat hubungannya berjalan dengan mulus saat mereka telah berkomitmen. Pada saat terjadi kegagalan dalam suatu hubungan, ENFJ akan merasa banyak salah, dan mengarahkan penyebab kegagalan itu pada dirinya sendiri, tapi mereka akan move on dengan hidupnya dalam tempo yang relatif cepat, tanpa melihat ke belakang lagi.

Karen hubungan adalah titik sentral bagi kehidupan ENFP, mereka akan sangat "terjun" dan terlibat dengan hubungannya yang intim. Mereka bisa selalu menanyakan pasangannya seperti sedang apa, sudah makan belum, dan sebagainya. Sifat ini bisa jadi sedikit berlebihan dan membekap, tapi ini juga mendukung kesadaran kuat akan kesehatan (atau kesakitan) dari hubungan itu.

Secara seksual, ENFJ melihat ke depan ke keintiman sebagai suatu kesempatan untuk mengekspresikan cinta dan perhatian. ENFJ umumnya sangat tertarik dalam kebahagiaan dan kepuasan pasangannya. Karena mereka mencapai kepuasan tertingginya dengan cara membuat orang lain bahagia, mereka cenderung jadi kekasih berkemampuan tinggi. Sama halnya dengan tipe Judger lainnya, ENFJ cenderung mengikuti jadwal untuk keintiman, dan cenderung bisa menjadi rutin. Untuk ENFJ, aspek paling penting dari hubungan seksual adalah penegasan cinta dan kasih sayang.

Meskipun ENFJ tentunya tidak akan meminta untuk itu, mereka perlu diberikan kata-kata manis dan penegasan yang penuh cinta. Karena mereka sangat terfokus secara eksternal untuk melayani orang-orang, mereka tidak selalu memberi perhatian pada kebutuhannya sendiri. Karena kepuasan terbesarnya datang dari membawa kebahagiaan pada diri orang lain, mereka mampu mengabaikan kebutuhannya sendiri dan masih tetap bahagia dengan lebih mudah ketimbang tipe kepribadian lainnya. Namun, jika mereka fokus sepenuhnya pada memberi tanpa sedikitpun menerima, mereka mungkin merasa diri mereka berada pada hubungan yang tidak sehat dan tidak seimbang. Mereka perlu berusaha untuk sadar akan kebutuhannya sendiri, dan bersedia untuk menyampaikan secara verbal kebutuhan itu kepada pasangannya.

Area masalah untuk ENFJ dalam berhubungan adalah ketidaksukaannya yang luar biasa pada konflik. ENFJ akan lebih memilih menyikat masalahnya di balik karpet ketimbang secara langsung menghadapinya, jika konflik akan terjadi. Mereka juga cenderung "terlalu mudah memberi" dalam situasi konflik, hanya untuk mengakhiri konflik. Mereka mungkin setuju untuk sesuatu yang berlawanan dengan nilai-nilai yang ia pegang hanya untuk mengakhiri situasi yang tidak nyaman. Dalam kasus seperti itu, masalahnya jadi diperpanjang dan akan kembali di masa yang akan datang. ENFJ perlu menyadari bahwa dunia tidak akan kiamat hanya karena ada ketidaksetujuan, dan dengan berurusan langsung pada masalah akan langsung menutupnya. Sebaliknya, mengabaikan masalah tidak akan membuatnya pergi.

Secara umum, ENFJ terlibat secara intens dan antusias pada hubungan pribadinya. Mereka membawa kesenangan dan kehangatan ke dalam persamaan, dan bersedia untuk berusaha keras untuk membuatnya berjalan mulus.

Meskipun dua individu yang telah mengembangkan diri dengan baik dari tipe kepribadian apapun dapat menikmati hubungan yang sehat, pasangan alami bagi seorang ENFJ adalah INFP, atau ISFP. Fungsi dominan dari ENFJ yaitu Extraverted Feeling sangat cocok dipasangkan dengan seseorang yang fungsi dominannya adalah Introverted Feeling. Seorang ENFJ dan INFP sangat cocok secara ideal, karena mereka berbagi cara pandang secara intuitif terhadap dunia, tetapi ENFJ dengan ISFP juga merupakan kombinasi yang sangat bagus.

ENFJ Sebagai Orang Tua

"Kamu adalah busur dari anak mu sebagai anak panah hidup yang dikirim ke luar...

Biarlah lekukan mu di tangan Pemanah untuk kesenangan hati;

Karena sama seperti Dia menyukai anak panah yang terbang,

Begitu pula Dia menyukai busur yang stabil." - Kahlil Gibran

ENFJ mengambil perannya sebagai orang tua dengan sangat serius. Mereka merasakan itu sebagai tugasnya yang terpenting untuk mentrasfer nilai-nilai dan tujuan kepada anak-anaknya, dan akan berusaha keras untuk secara konsisten menjadi contoh yang baik bagi anaknya. ENFJ merasa bertanggungjawab untuk memastikan anaknya tumbuh dengan baik. Karakteristik ini, digabungkan dengan nila-nilai definitif dan idealisme ENFJ tentang begaiman sesuatu seharusnya, biasanya menghasilkan kondisi dimana orang tua ENFJ menjadi agak ketat, dan punya ekspektasi tinggi atas prilaku anak-anaknya. Di sisi lain, ENFJ juga hangat dan penuh kasih sayang pada anaknya, dan sangat mendukung dan menguatkan. ENFJ juga bisa diandalkan dalam hal menyiapkan berbagai kebutuhan sehari-hari untuk anaknya.

Biasanya tidak begitu mudah untuk jadi anak seorang ENFJ. Kehidupan ENFJ terpusat pada lingkaran hubungan. Mereka mengambil perannya dalam hubungan dengan sangat serius. Mereka sangat terlibat dalam hubungan, selalu mengawasi perkembangannya. Prilaku ini bisa jadi membekap bagi beberapa pribadi. ENFJ punya sisten penilaian yang sangat definitif, dan idealisme yang terdefinisi dengan baik tentang apa yang salah dan apa yang benar. Karena mereka percaya bahwa bagian dari perannya sebagai orang tua melibatkan tugas untuk meneruskan nilai-nilai dan idealismennya ke si anak, dan karena mereka sangat memperhatikan dan terlibat dengan anak-anaknya, ENFJ punya kecenderungan untuk jadi ketat, orang tua pengontrol, yang sangat peka akan tindakan si anak. ENFJ harus ingat untuk memberikan ruang pada anaknya untuk tumbuh yang mana sangat penting agar mereka bisa jadi orang dewasa yang berkembang dengan baik. Dengan sedikit usaha, akan mungkin bagi  ENFJ bisa menyeimbangkan antara kebutuhannya untuk meneruskan nilai-nilai dan idealisme ke si anak dengan kebutuhan si anak agar bisa berkembang sebagai seorang individu.

ENFJ akan menaruh banyak usaha untuk membuat lingkungan rumah si anak tumbuh terasa hangat, nyaman, dan ceria. Mereka akan siap dengan kecupan dan plester luka untuk setiap rasa sakit. Sikap normal mereka pada anaknya adalah loyal, bangga, hangat, dan mendukung.

Sebagaimana dengan kebanyakan tipe kepribadian lainnya, orang tua ENFJ bisa punya masalah dengan anaknya saat mereka remaja. Anaknya akan perlu lebih banyak ruang pada usia itu, dan akan mulai mengeluhkan kecenderungan over-protektif si ENFJ. Masalah ini akan jadi lebih besar pada situasi saat ENFJ jadi sangat manipulatif. Karena ENFJ dikaruniai suatu kemampuan bersosialisasi khusus dan presensi pribadi, beberapa pribadi ENFJ yang tidak beruntung berkembang pada lingkungan kehidupan yang tidak baik akan memiliki sifat cenderung menggunakan kemampuan luar biasanya untuk keuntungan pribadi sehingga ia bisa mendapatkan apa yang ia mau atau hindari dari suatu situasi. Seiring dengan mereka tumbuh tua, anak-anaknya tak dapat dielakkan akan melihat kecenderungan manipulatif itu, dan akan mulai meragukan sistem penilaian orang tuanya, dan dengan kuat akan menolak untuk dipaksa mengikuti deretan nilai-nilai yang mungkin jadi entah bagaimana munafik. ENFJ yang manipulatif, yang masih memegang dengan kuat nilai-nilai yang masih ingin ia teruskan ke si anak, bisa merasakan dirinya "sudah terlalu terlambat". Sebagai seorang ENFJ, peluang terbaik mu adalah kamu harus sadar akan kecenderungan buruk yang ada pada tipe kepribadian mu yaitu "jadi manipulatif" dan harus berusaha untuk tidak menggunakannya untuk tujuan yang negatif.

Biasanya, ENFJ tidak punya apapun selain niat yang baik untuk anaknya. Mereka diingat oleh anaknya sebagai orang tua yang hangat dan mendukung (meskipun ketat), dan dihargai atas usahanya untuk mengajari berbagai tujuan dan idealismenya kepada si anak.

ENFJ Sebagai Seorang Teman

ENFJ adalah orang yang hangat dan mudah bergaul yang dengan sangat baik selaras dengan perasaan dan sudut pandang orang lain. Mereka suka mendukung dan membawa yang terbaik keluar dari diri orang lain. Mereka energik dan menyenangkan untuk diajak. Mereka mencari keaslian dalam hubungan dekatnya, dan sangat peka terhadap kebutuhan orang lain. Semua karakteristik itu membuat ENFJ dihargai oleh teman-temannya sebagai kawan yang hangat, mendukung dam murah hati.

ENFJ tertarik dengan berbagai macam orang, dan cenderung mampu memahami dan nyambung dengan semua tipe kepribadian lainnya. Keinginan untuk bergaul dengan segala macam orang menuntut mereka melakukannya. Namun, mereka tidak akan memilih untuk meluangkan waktu pribadinya ke semua tipe kepribadian. Mereka bisa menolak untuk meluangkan banyak waktu dengan tipe kepribadian Sensing Perceiving, karena sikap "nikmati saja masa sekarang" yang terlalu bebas bisa bertentangan dengan sistem nilai yang dipegang ENFJ dengan sangat teguh. Saat mencari persahabatan yang tidak romantis atau bukan pacar, ENFJ akan tertarik pada tipe Feelers lainnya yang punya nilai-nilai dan idealisme yang sama. Karena mereka tinggal di dunianya orientasi orang, mereka tidak nyaman dengan penilaian objektif yang tidak mempertimbangkan masalah orang. Akibatnya, ENFJ cenderung tidak punya pertemanan dekat dengan tipe kepribadian Thinking yang kuat. Mereka khususnya cenderung lebih nyaman dengan tipe iNtuitive Feelers lainnya, begitu juga dengan Sensing Judgers.



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.