Hubungan Tipe Kepribadian INFP

5.582 12/15/2017 - 12:42 Miarana ExSys
INFP - Introverted Feeling with Extraverted Intuition - The Idealist

Analisis Hubungan Tipe Kepribadian INFP

INFP memberi wajah yang tenang dan menyenangkan bagi dunia. Mereka muncul sebagai sosok yang tenang dan damai bagi orang lain, dengan keinginan yang sederhana. Faktanya, INFP secara internal merasakan hidupnya dengan intens sekali. Dalam hubungan, hal itu menyebabkannya punya kapasitas mendalam untuk cinta dan kepedulian yang tidak banyak ditemukan pada tipe kepribadian lainnya. INFP tidak membagi intensitas perasaannya kepada semua orang; mereka cenderung tertutup dalam mengungkapkan perasaan batinnya, dan menahan cinta terdalam dan kepeduliannya hanya untuk beberapa orang. INFP umumnya santai, mendukung dan merawat dalam hubungan dekatnya. Dengan adanya Introverted Feeling yang mendominasi kepribadiannya, mereka sangat sensitif dan selaras dengan perasaan orang lain, dan merasa benar-benar memikirkan dan peduli pada mereka. Tidak mudah percaya pada orang dan berhati-hati saat awal hubungan, seorang INFP akan jadi sangat setia ketika mereka telah berkomitmen. Dengan nilai-nilai batinnya yang kuat, mereka adalah pribadi yang intens yang menghargai kedalaman dan keaslian dalam hubungannya, dan merangkul mereka yang memahami dan menerima dengan sangat penting sudut pandang INFP. INFP biasanya menyesuaikan dan sehaluan, kecuali satu dari prinsip-prinsipnya yang mengatur telah dilanggar, dalam kasus itu mereka akan berhenti menyesuaikan dan berubah jadi pembela kukuh atas nilai-nilainya. Mereka akan jadi kasar dan kaku dalam situasi seperti itu, tidak seperti biasanya.

Kekuatan INFP Dalam Berhubungan

Kebanyakan INFP akan punya kekuatan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Dengan hangat memikirkan dan peduli pada orang lain
  • Sensitif dan perseptif mengenai apa yang orang lain rasakan
  • Loyal dan berkomitmen - mereka ingin hubungan yang langgeng
  • Kapasitas mendalam untuk cinta dan kepedulian
  • Terdorong untuk memenuhi kebutuhan orang lain
  • Berusaha untuk "win-win situation"
  • Merawat, mendukung dan menyemangatkan
  • Cenderung mengenali dan menghargai kebutuhan orang lain akan ruang
  • Mampu mengekspresikan dirinya dengan baik
  • Fleksibel dan berbeda

Kelemahan INFP Dalam Berhubungan

Kebanyakan INFP akan punya kelemahan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Cenderung jadi pemalu dan tertutup
  • Tidak suka kalau "ruang" pribadinya dimasuki
  • Sangat tidak suka konflik
  • Sangat tidak suka kritik
  • Memerlukan pujian dan penegasan positif
  • Bisa bereaksi dengan sangat emosional dalam situasi tertekan
  • Punya kesulitan memutuskan hubungan yang tidak baik
  • Punya kesulitan untuk mengomeli atau menghukum orang lain
  • Cenderung tertutup dalam mengekspresikan perasaannya
  • Kecenderungan perfeksionsisnya bisa menyebabkan dia tidak cukup menghargai dirinya sendiri
  • Kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri atas masalah, dan menahan semua di pundaknya sendiri

INFP Sebagai Seorang Kekasih

"Mencintai berarti membuka diri kita terhadap hal negatif maupun positif - untuk kesedihan, dukacita, dan kekecewaan serta sukacita, pemenuhan, dan intensitas kesadaran yang sebelumnya tidak kita ketahui bisa terjadi." - Rollo May

INFP merasakan banyak kesetiaan dan komitmen dalam hubungannya. Dengan adanya preferensi Feeling yang mendominasi kepribadiannya, perasaan harmoni dan kehangatan adalah pusat dari seorang INFP. Mereka merasa perlu untuk berada dalam hubungan yang berkomitmen, dan penuh cinta. Jika mereka tidak terlibat dalam hubungan seperti itu, INFP akan mencarinya, atau membuat satu di dalam pikirannya sendiri.

Kecenderungan INFP untuk jadi idealis dan berpola pikir romantis bisa menyebabkan mereka berfantasi terlalu sering mengenai hubungan atau situasi yang "lebih sempurna". Mereka mungkin juga meromantisasi pasangan mereka untuk memiliki kualitas yang sebenarnya tidak mereka miliki. Kebanyakan INFP punya masalah dengan mendamaikan pandangannya pada kehidupan yang sangat idealis dan romantis dengan kenyataan hidupnya sendiri, sehingga mereka selalu entah bagaimana tidak tenang dengan dirinya sendiri dan hubungan pribadinya yang dekat. Namun, perasaan mendalam dari INFP, ketulusan cinta untuk pasangannya dan ketidaksukaannya pada konflik menjaga INFP selalu setia pada hubungannya, terlepas dari masalahnya untuk mencapai kedamaian dalam pikiran.

Tidak seperti tipe kepribadian lainnya yang cenderung memangku pasangannya diatas pangkuan, kecenderungan INFP untuk melakukan itu tidak jadi hal negatif dalam hubungannya. INFP memegang dengan kuat idealismenya, dan selalu bekerja keras untuk melihat pasangannya berdiri di pangkuannya. Hasil INFP yang sering terjadi adalah sikap yang sangat meneguhkan, bangga dan perhatian terhadap pasangan mereka yang bertahan dalam ujian waktu.

INFP tidak tertarik secara alami dengan urusan administrasi seperti bayar tagihan dan bersih-bersih rumah, tapi mereka bisa jadi sangat bagus dalam melakukan tugas itu saat mereka harus. Mereka bisa jadi sangat bagus dalam mengelola uang ketika mereka menerapkan sendiri.

Secara seksual, INFP dalam masa awal cenderung lamban untuk membuka diri pada pasangan. Setelah kepercayaan mereka telah di dapat, INFP akan melihat keintiman seksual sebagai kesempatan untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayangnya yang terpendam. Lebih dari sekedar tindakan seksual, mereka menghargai memberi dan menerima cinta dan kata-kata manis. Dengan kecenderungannya untuk menikmati melayani orang lain, mereka akan menghargai kepuasan pasangannya diatas dirinya sendiri.

Area masalah yang sebenarnya bagi INFP adalah ketidaksukaannya yang intens pada konflik dan kritik. INFP cepat menemukan sudut personal dalam setiap momen kritis, apakah maksud itu ditujukan pada sesuatu yang sifatnya pribadi. Mereka akan cenderung menerima jenis kritik apapun sebagai serangan pribadi pada karakternya, dan biasanya akan jadi tidak rasional dan emosional dalam situasi seperti itu. Ini bisa jadi masalah nyata bagi INFP yang terlibat dengan orang yang punya preferensi Thinking dan Judging. "TJ" berkaitan dengan orang-orang yang memiliki sikap objektif dan tegas yang seringkali mengungkapkan suatu pendapat pada topik percakapan. Jika pendapat itu negatif, sikap TJ bisa jadi mengancam bagi INFP, yang akan cenderung merespon secara emosional pada negatifitas itu dan secara samar tapi yakin bahwa negatifitas itu entah bagaimana merupakan kesalahan INFP.

Untuk INFP dengan preferensi dominan Feeling yang luar biasa, yang tidak mengembangkan sisi Intuitifnya secara cukup untuk mendapatkan data yang bagus untuk proses pembuatan keputusannya, ketidaksukaannya terhadap konflik dan kritik bisa meramalkan azab dan kesuraman bagi hubungan yang intim. INFP yang seperti itu akan bereaksi dengan tekanan emosional luar biasa pada situasi konflik, dan tidak akan tahu apa yang harus dilakukan dengan itu. Karena mereka tidak punya dasar untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil, mereka akan melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk keluar dari konflik - yang mana seringkali adalah mencaci maki secara tidak rasional pada orang lain, atau menggunakan manipulasi perasaan bersalah untuk membuat pasangannya memberikannya dukungan positif yang mereka dambakan. Jenis prilaku seperti ini bukanlah pertanda baik untuk hubungan jangka panjang yang sehat. Pribadi yang mengenali kecenderungan ini dalam dirinya harus memberi perhatian pada kemampuannya untuk menerima kritik secara objektif ketimbang pribadi. Mereka juga harus mencoba untuk mengingat bahwa situasi konflik bukan selalu jadi salahnya, dan tentu saja bukan akhir dari dunia. Konflik adalah fakta kehidupan, menghadapinya dan menyelesaikannya langsung akan menghindari kita untuk berurusan denganya lagi di masa mendatang, setelah ia berubah jadi masalah yang jauh lebih besar.

INFP sangat sadar akan ruang pribadinya, dan ruang orang lain. Mereka menghargai ruang pribadinya, dan kebebasan untuk melakukan kegiatannya sendiri. Mereka akan menghargai pasangan yang melihat INFP sebagaimana mereka adanya, dan menghargai sudut pandang dan gaya uniknya. INFP cenderung tidak suka terlalu cemburuan atau mengekang, dan cenderung menghargai privasi dan kebebasan pasangannya. Faktanya, INFP cenderung tidak hanya menghormati sudut pandang dan tujuan pasangan, tapi juga mendukungnya dengan kesetiaan yang tegas.

Secara umum, INFP adalah pasangan yang penuh kehangatan dan kasih sayang yang menjadikan kesehatan dari hubungannya sebagai pusat dalam hidupnya. Meski berhati-hati di awal, mereka jadi sangat setia pada hubungannya yang telah berkomitmen, yang mana cenderung langgeng hingga akhir hayat. Mereka memegang komitmennya dengan sangat serius, dan akan menaruh banyak usaha untuk membuatnya berjalan mulus.

Meskipun dua pribadi dari tipe kepribadian apapun yang telah mengembangkan diri dengan baik dapat menikmati hubungan yang sehat, pasangan alami dari INFP adalah seorang ENFJ, atau ESFJ. Fungsi dominan dari INFP yaitu Introverted Feeling sangat cocok dipasangkan dengan pasangan yang fungsi dominannya adalah Extraverted Feeling. Kombinasi INFP/ENFJ adalah yang paling ideal, karena mereka berbagi cara persepsi yang Intuitif, tetapi kombinasi INFP/ESFJ juga bagus.

INFP Sebagai Orang Tua

"Kamu adalah busur dari anak mu sebagai anak panah hidup yang dikirim ke luar...

Biarlah lekukan mu di tangan Pemanah untuk kesenangan hati;

Karena sama seperti Dia menyukai anak panah yang terbang,

Begitu pula Dia menyukai busur yang stabil." - Kahlil Gibran

INFP adalah orang tua "alami". Mereka menerima dan menikmati peran sebagai orang tua, melihatnya sebagai perluasan alami dari sistem penilaiannya. Mereka menggunakan peran orang tua untuk mengembangkan dan mendefinisikan nilai-nilainya lebih jauh lagi, dan yakin itu adalah tugasnya untuk meneruskan nilai-nilainya kepada si anak. Mereka menjalankan perannya dengan cukup serius. Hangat, penuh kasih sayang, dan fleksibel, INFP umumnya jadi orang tua yang lembut dan mudah bergaul dalam banyak hal.

INFP tidak suka situasi konflik, dan akan tetap membuat dirinya fleksibel dan berbeda untuk membentuk lingkungan rumah yang positif dan bebas konflik. INFP secara alami cenderung tidak memberikan hukuman atau disiplin, sehingga cenderung menyesuaikan dengan aturan kedisiplinan pasangannya, atau bergantung pada administrasi disiplin dari pasangan bersama dengan anak-anaknya. Dengan tidak adanya kedewasaan orang tua, INFP perlu melakukan upaya sadar untuk menciptakan struktur bagi anak-anak mereka untuk tinggal di dalamnya.

Meskipun INFP tidak suka menghukum orang lain, mereka memegang dengan kuat nilai-nilai yang tidak mentoleransi pelanggaran pada kepercayaan yang dipegang kuat. Jika mereka merasa anak-anaknya benar-benar melakukan kesalahan, orang tua INFP tidak akan punya masalah dalam menerapkan disiplin. Mereka akan langsung memarahi si anak, dengan keras kepala menggali di tumit mereka dan menuntut jalan lain.

Orang tua INFP cenderung menghargai anak-anaknya sebagai pribadi, dan memberikan mereka ruang untuk tumbuh. Mereka akan membiarkan anak-anaknya memiliki suara dan tempatnya sendiri di dalam keluarga.

Sebagai orang tua yang sangat menyayangi dan berbakti, INFP akan dengan sangat keras melindungi dan mendukung anak-anaknya. Jika ada masalah yang sifatnya "memihak", tentu bisa kita tahu kalau INFP akan selalu setia pada anak-anaknya.

INFP biasanya selalu dikenang oleh anak-anaknya sebagai orang tua yang penyayang, sabar, berbakti, dan fleksibel.

INFP Sebagai Seorang Teman

INFP adalah pribadi yang hangat dan peduli yang sangat menghargai keaslian dan kedalaman dalam hubungan pribadinya. Mereka biasanya cukup perseptif terhadap perasaan dan motif orang lain, sehingga mampu nyambung dengan banyak orang. Namun, INFP akan tetap menyimpan dirinya yang sebenarnya dari orang lain kecuali beberapa orang, dengan mereka ia akan membentuk pertemanan dekat dan langgeng. Dengan idealismenya yang tinggi, mereka cenderung tertarik pada iNtuitive Feelers lainnya sebagai sahabat.

Dengan kebutuhannya yang kuat akan harmoni dan ketidaksukaannya pada konflik, INFP bisa merasa terancam oleh orang dengan preferensi Judging dan Thinking yang kuat. Meski mereka cenderung mampu untuk bekerja secara profesional dengan orang seperti itu, mereka bisa merasakan kesulitan untuk menerima atau menghargai mereka pada level pribadi. Mereka umumnya merasakan kekerabatan dan afinitas dengan tipe Feeling lainnya.

INFP akan dihargai oleh orang terdekatnya sebagai individu yang altruistik, dalam, peduli, dan asli.



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.