Hubungan Tipe Kepribadian ISTJ

6.687 12/15/2017 - 13:27 Miarana ExSys
ISTJ - Introverted Sensing with Extraverted Thinking - The Duty Fulfiller

Analisis Hubungan Tipe Kepribadian ISTJ

Ucapan ISTJ sebaik emas, dan mereka menghargai komitmennya dengan sangat setia. Mereka percaya bahwa jika melakukan sebaliknya itu berarti tidak lebih dari penghancuran penghargaan dan kepercayaan. Maka dari itu, mereka mengambil sumpahnya dengan sangat serius, dan saat mereka telah berkata "Aku mau", itu berarti mereka terikat pada hubungan itu hingga "kematian memisahkan kita" atau hal lainnya. ISTJ terdorong untuk memenuhi tanggungjawab dan tugasnya, dan akan melakukannya dengan usaha tanpa lelah. Mereka akan melakukan yang terbaik untuk mencapai kewajiban yang dihadapkan oleh peran hubungan lain yang mereka mainkan selama hidupnya, misal sebagai kekasih, orang tua, keturunan, dll. Mereka mungkin punya kesulitan dalam memperlihatkan kehangatan, tetapi mereka seringkali merasakan kehangatan yang melimpah, dan kebanyakan mengembangkan kemampuan untuk memperlihatkannya melalui usaha yang terjal. Jika tak ada yang lain, ISTJ lah yang memegang medali emas dari semua tipe kepribadian lainnya dalam hal pencurahan Usaha terbesar. Mereka akan menaruh banyak usaha untuk mencapai tujuan yang mereka anggap penting. Jika hubungan sehat dan langgeng adalah salah satu dari tujuan itu, kamu bisa bertaruh bahwa ISTJ akan melakukan segala hal yang bisa ia lakukan untuk membina dan memlihara hubungan yang sehat itu.

Kekuatan ISTJ Dalam Berhubungan

Kebanyakan ISTJ akan punya kekuatan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Menghargai komitmennya
  • Mengemban perannya dalam hubungan dengan sangat serius
  • Biasanya mampu mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikirannya dengan presisi
  • Pendengar yang baik
  • Sangat bagus (meskipun konservatif) dengan uang
  • Mampu mengambil kritik membangun dengan baik
  • Mampu mentolerir situasi konflik tanpa pergolakan emosi
  • Mampu memberikan hukuman atau kritik saat diperlukan

Kelemahan ISTJ Dalam Berhubungan

Kebanyakan ISTJ akan punya kelemahan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Kecenderungan untuk merasa dirinya selalu benar
  • Kecenderungan untuk terlibat dalam percakapan "kalah-menang"
  • Tidak selaras secara alami dengan apa yang orang lain rasakan
  • Penghargaannya terhadap aturan bisa terlihat kaku bagi orang lain
  • Cenderung tidak memberi cukup pujian atau dukungan terhadap orang terkasih

ISTJ Sebagai Seorang Kekasih

"Mencintai berarti membuka diri kita terhadap hal negatif maupun positif - untuk kesedihan, dukacita, dan kekecewaan serta sukacita, pemenuhan, dan intensitas kesadaran yang sebelumnya tidak kita ketahui bisa terjadi." - Rollo May

ISTJ berkomitmen, pasangan yang setia, yang menaruh banyak usaha untuk membuat hubungannya berjalan. Setelah mereka membuat komitmen pada suatu hubungan, mereka akan setia padanya hingga akhir waktu. Mereka dengan senang hati menerima tugasnya untuk memenuhi perannya dalam hubungan. ISTJ umumnya bersedia dan mampu untuk melakukan apapun yang telah mereka tetapkan sebagai tujuan. Sehingga, jika memelihara hubungan yang baik adalah penting bagi ISTJ, mereka cenderung akan memiliki hubungan yang baik. Jika mereka tidak menyertakan tujuan ini pada "daftar" tugas internalnya, mereka cenderung mendekati hubungan dalam keadaan "alami"nya, yang mana sangatlah praktis, tradisional, dan terstruktur.

Secara seksual, ISTJ cenderung mendekati keintiman dari sudut pandang fisik, ketimbang sebagai maksud untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayang. Mereka biasanya memiliki masalah dalam mengungkapkan perasaan terdalamnya, bahkan meski mereka merasakannya dengan sangat kuat. Mereka akan mengharapkan seks pada basis yang relatif terjadwal, dan cenderung menghargai tradisi yang berkaitan dengan permainan peran gender. ISTJ pria akan menegaskan sudut pandangnya pada pasangannya, sementara ISTJ wanita akan cenderung untuk mengikuti apa yang pasangan prianya inginkan (meskipun mereka akan menjadi tidak nyaman dengan segala hal yang sangat jauh keluar dari norma tradisional).

ISTJ tidak merasa terancam oleh kritik membangun atau situasi konflik. Saat dihadapkan dengan kritik, ISTJ cenderung percaya bahwa sudut pandangnya adalah benar. Mereka memiliki rasa hormat yang luar biasa besar untuk Kenyataan, dan mendasari pendapatnya pada logika dan kenyataan yang telah diketahui. Maka dari itu, mereka merasakan saat yang sulit melihat viabilitas sudut pandang yang tidak sesuai dengan keinginannya. Saat ISTJ terlibat dalam ketidaksetujuan pada suatu poin, mereka biasanya mulai mencoba untuk mengajak orang lain itu melintasi sudut pandang dirinya, percaya sepenuhnya bahwa dirinya benar, dan yang diperlukan orang lain itu hanyalah memahami fakta dari situasi. Dalam situasi demikian, si ISTJ mungkin benar dan mungkin juga salah, tapi kepercayaan dirinya pada "kebenarannya" sendiri bisa mengguncang kepercayaan diri orang lain yang terlibat. Kebiasaan ini dengan cepat bisa membelokan percakapan ke dalam situasi "kalah - menang", dan bisa menghadirkan masalah spesial kepada hubungan dekat. Sementara mereka mungkin secara tidak sadar mengguncang kepercayaan diri dari rekannya dengan pendekatan "Saya benar", prilaku yang sama bisa menyebabkan masalah serius dalam hubungan intimnya. Tuntutan konstan ISTJ terhadap "kebenaran" bisa mengirimkan pesan pada pasangannya bahwa dirinya tidak menghargai pendapat pasangannya. Jika ISTJ memiliki pasangan dengan preferensi Feeling yang kuat, mereka bisa dengan tidak sengaja membuat malapetaka dengan harga dirinya, karena pribadi berpreferensi Feeling sangatlah sensitif terhadap konflik dan kritik, dan khususnya rentan dalam hubungan dekatnya.

Karena ISTJ membuat keputusan menggunakan fungsi Thinking (ketimbang Feeling), mereka secara alami tidak mempertimbangkan perasaan dan emosional pasangannya dalam kehidupan sehari-hari. Lagi-lagi, ini bisa menjadi masalah jika pasangannya memiliki preferensi Feeling, karena pribadi berpreferensi Feeling biasanya mengharapkan banyak dukungan positif, yang tidak secara alami dikomunikasikan oleh si ISTJ padanya. ISTJ perlu mengingat bahwa orang lain mungkin perlu mendengar bahwa mereka dicintai dan dihargai, bahkan jika ISTJ merasa tidak perlu mendengar itu untuk dirinya sendiri.

ISTJ umumnya sangat mampu dan efisien dalam kebanyakan hal yang mereka usahakan dengan keras. Maka dari itu, pasangannya cenderung memegang rasa hormat yang besar padanya. Urusan sehari-hari cenderung disediakan dengan baik oleh si ISTJ sebagai urusan penting untuk pasangannya, ISTJ akan naik ke kesempatan tersebut dan menambahkan tugas untuk menangani kebutuhan ini ke "daftar" tugas internalnya. Karena ISTJ sangat bersedia untuk bekerja keras pada masalah, dan tanpa lelah melakukan tugas yang mereka rasa harus diselesaikan, ISTJ umumnya menjadi pasangan yang hebat dan perhatian yang bersedia dan mampu untuk mempromosikan hubungan yang sehat dan langgeng yang juga menjadi kemitraan.

Meskipun dua individu yang telah mengembangkan diri dengan baik dari tipe kepribadian apapun dapat menikmati hubungan yang sehat, pasangan alami bagi seorang ISTJ adalah ESFP, atau ESTP. Fungsi dominan dari ISTJ yaitu Introverted Sensing sangat cocok dipasangkan dengan seseorang yang fungsi dominannya adalah Extraverted Sensing.

ISTJ Sebagai Orang Tua

"Kamu adalah busur dari anak mu sebagai anak panah hidup yang dikirim ke luar...

Biarlah lekukan mu di tangan Pemanah untuk kesenangan hati;

Karena sama seperti Dia menyukai anak panah yang terbang,

Begitu pula Dia menyukai busur yang stabil." - Kahlil Gibran

ISTJ adalah orang tua yang berbakti dan setia yang bisa diandalkan untuk mencurahkan usaha terbaiknya untuk membesarkan anaknya dalam rumah yang positif, nyaman, aman, dan mempromosikan pertumbuhannya dengan cara yang sedemikian rupa hingga anaknya menjadi orang dewasa yang aman yang tahu tempatnya di dalam masyarakat kita. Itu adalah salah satu tujuan terbesar dari orang tua ISTJ pada anaknya.

Sejalan dengan tujuan ini, ISTJ mengharapkan anaknya untuk menghormati peran kekeluargaan tradisionalnya. Sebagai orang tua, mereka menginginkan penghormatan dan otoritas dari anaknya. Mereka bersedia menerima peran orang tua sebagai penyedia dan pelindung. Setelah ISTJ menjadi orang tua, itu menjadi "lampu hijau" bagi mereka untuk melakukan semua tugas yang berkaitan dengan pengasuhan anak, dan mereka akan melakukannya tanpa beban dan ragu. Namun, mereka mengharapkan agar anaknya memberikannya rasa hormat sebagai balasan, dan akan memiliki sedikit kesabaran dengan prilaku yang tidak hormat.

Ketika tiba saatnya untuk memberikan penghukuman dan disiplin, ISTJ akan mampu melakukannya saat diperlukan tanpa mengalami terlalu banyak trauma internal. Mereka melihat itu sebagai tugasnya untuk mengajari anaknya saat mereka keluar jalur, dan maka dari itu akan memberikan hukuman atas nama melaksanakan tugasnya kepada si anak. Bukan artinya ISTJ akan menikmati mendisiplinkan anaknya, mereka hanya akan menempatkan tugasnya diatas perasaan pribadinya.

ISTJ cenderung mengalami masalah dalam memberikan afirmasi dan dukungan positif bagi anaknya. Memiliki ekspektasi yang sangat tinggi terhadap prilakunya sendiri dan prilaku orang lain, ISTJ seringkali lupa untuk memberikan pujian ketika pujian diharapkan. Semua anak-anak memerlukan dukungan positif seiring dengan mereka menemukan tempatnya di dunia, dan ini khususnya benar untuk anak dengan preferensi Feeling, yang mengambil banyak keuntungan dari afirmasi positif, dan menderita (terkadang dengan sangat luar biasa) dalam kehampaannya. ISTJ yang mengenali sensitifitas pada anaknya harus mengambil penanganan spesial untuk memberikan mereka dukungan dan afirmasi positif.

ISTJ akan membuat lingkungan aman yang konsisten bagi anaknya, dengan aturan tetap dan batasan-batasan. Meskipun ini terkadang membuat sekat antara si anak dan orang tua (terutama selama masa pemberontakan remaja), umumnya itu akan mempromosikan pertumbuhan si anak menjadi orang dewasa yang aman. Orang tua ISTJ akan diingat dan dihargai oleh anak-anaknya karena telah menjadi orang baik yang selalu mencoba usaha terbaiknya, dan menempatkan kebutuhan anak-anaknya diatas kebutuhannya sendiri.

ISTJ Sebagai Seorang Teman

Meskipun pertemanan tidak menjadi juara satu dalam daftar hubungan penting si ISTJ (yang tugas dan tanggungjawabnya pada Keluarga ada di atas segala-galanya), mereka juga menghargai hubungan pertemanan tersebut dan menaruh usaha untuk meningkatkan dan memeliharanya. ISTJ cenderung memilih untuk berada di sekitar orang yang memiliki minat dan sudut pandang yang sama dengan dirinya, dan cenderung tidak terlalu sabar dengan orang yang sangat berbeda dengan dirinya.

Meskipun biasanya dia berpikiran serius, ISTJ cenderung bersenang-senang dan lepas. Mereka suka bersama para Extravert yang optimistik dan menyenangkan hati, meskipun antusiasmenya si E pada akhirnya bisa membuat ISTJ gugup. ISTJ bisa bergaul dengan kebanyakan tipe kepribadian lainnya, tetapi mereka utamanya membentuk hubungan solid dengan para Sensing Judger lainnya. Penghormatan ISTJ pada hukum dan tradisi bisa membuatnya tidak mampu untuk nyambung dengan tipe kepribadian Sensing Perceiving, meskipun mereka mengagumi kemampuan para Sensing Perceiving untuk bisa riang mengalir menjalani hidup di saat ini. Dan sebaliknya, tipe Sensing Perceiving mungkin melihat kebutuhan si ISTJ akan aturan sebagai sesuatu yang terlalu konservatif atau terlalu terjadwal bagi selera mereka. ISTJ terlihat bisa bergaul baik dengan para Intuitive, meskipun mereka tidak bisa benar-benar terhubung dengan beberapa sudut pandang para Intuitive.



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.