Hubungan Tipe Kepribadian ISTP

4.611 12/15/2017 - 13:25 Miarana ExSys
ISTP - Introverted Thinking with Extraverted Sensing - The Mechanic

Analisis Hubungan Tipe Kepribadian ISTP

ISTP secara umum adalah individu yang sangat mampu yang mahir dalam kebanyakan hal yang menarik minatnya. Mereka biasanya cemerlang, menarik, dan individu yang menyenangkan karena memiliki banyak hal yang bisa ia tawarkan. Mereka hidup hampir seluruhnya di saat sekarang, dan biasanya tidak membuat komitmen yang melampaui masa depan yang dapat dilihat sekarang. Seorang ISTP mungkin menciptakan frase "tidak ada yang tidak bersyarat". Mereka sangat memilih untuk mengambil hal-hal hari demi hari, ketimbang membuat komitmen jangka panjang. Jika suatu hubungan menariknya dan memuaskan kemauannya, ISTP akan melakukan bagiannya pada basis harian untuk membuat hubungan itu kuat dan sehat. Jika mereka kehilangan minat pada suatu hubungan, kecenderungan alaminya adalah mereka akan move on.

Kekuatan ISTP Dalam Berhubungan

Kebanyakan ISTP akan punya kekuatan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Pendengar yang baik
  • Biasanya percaya diri
  • Umumnya optimistik dan menyenangkan untuk diajak
  • Praktis dan realistis, mereka menangani masalah sehari-hari
  • Tidak merasa terancam oleh konflik atau kritik
  • Mampu meninggalkan hubungan dengan relatif mudah saat hubungan itu telah berakhir
  • Mampu mengelola hukuman, meskipun mereka tidak tertarik untuk melakukannya
  • Cenderung menghormati kebutuhan orang lain akan ruang dan privasi

Kelemahan ISTP Dalam Berhubungan

Kebanyakan ISTP akan punya kelemahan berikut dalam kaitannya dengan hubungan:

  • Hidup sepenuhnya di saat sekarang, mereka punya kesulitan dengan komitmen jangka panjang
  • Secara alami tidak mahir dalam mengungkapkan perasaan dan emosi
  • Tidak selaras dengan perasaan orang lain, mereka kadang jadi tidak peka
  • Kecenderungan untuk terlalu tertutup dan tidak mengungkapkan sebagian dirinya
  • Butuh banyak ruang pribadi, dan tidak suka kalau dijajah
  • Mereka berkembang dengan aksi dan kegembiraan, dan mungkin menimbulkan masalah untuk menciptakannya

ISTP Sebagai Seorang Kekasih

"Mencintai berarti membuka diri kita terhadap hal negatif maupun positif - untuk kesedihan, dukacita, dan kekecewaan serta sukacita, pemenuhan, dan intensitas kesadaran yang sebelumnya tidak kita ketahui bisa terjadi." - Rollo May

ISTP bisa menjadi sangat intens dan individu yang sangat menarik. Preferensi Thinking yang kuat membuatnya terlihat jauh dan "susah didapat". Sedangkan preferensi Sensing dan Perceivingnya membuat mereka sensual, pribadi yang bersahaja. Atribut itu seringkali membuatnya menarik di mata lawan jenis. ISTP hidup seluruhnya di saat sekarang, sehingga membuatnya paling tertarik pada sensasi dan pengalaman baru. Mereka sangat tidak suka pada kegiatan rutin dan jadwal ketat, dan menolak untuk dikontrol oleh orang lain. Mereka sangat mandiri dan perlu ruangnya sendiri dalam hubungan. Saat terlibat dalam hubungan yang menyediakan kebutuhan dasarnya dan yang memberikannya pengalaman baru, ISTP akan dengan senang hati melakukan apa yang diperlukan untuk membuat hubungan itu tetap hidup dan berjalan dengan baik. Jika sebuah hubungan menjadi membosankan atau terlalu mengekang atau menindas bagi si ISTP, mereka akan mencoba untuk memperbaikinya, atau meninggalkannya. ISTP mengambil komitmennya berdasarkan basis harian. Bahkan saat mereka mengatakan "Aku mau", itu biasanya berarti "Aku mau untuk saat ini". Mereka tidak suka membuat komitmen seumur hidup, meskipun mereka mungkin sangat baik saat terlibat dalam hubungan seumur hidup yang mana mereka ambil dalam basis hari per hari.

Secara seksual, ISTP mendekati keintiman sebagai tindakan fisik ketimbang sebuah ungkapan cinta dan kasih sayang. Mereka adalah mahluk yang bersahaja dan sensual yang dengan antusias merasakan seks dengan kelima inderanya. Mereka membawa spontanitas, kreatifitas, dan antusiasme ke kamar tidur, dan menikmati pengalaman baru. Karena keindahan estetis memiliki daya tarik yang kuat bagi mereka, mereka menghargai "setting", seperti tempat tidur, pakaian dalam, parfum, dll.

ISTP menyukai memperbaiki sesuatu, dan mungkin membuat masalah dalam hubungan personalnya, hanya untuk bisa menikmati saat mereka memperbaikinya.

Mereka punya kecenderungan untuk menahan pandangannya sendiri terhadap hal-hal. Mereka suka mendengarkan pandangan orang lain, tetapi umumnya tidak lugas dalam mengungkapkan pendapatnya sendiri. ISTP memiliki kebiasaan untuk menghindari menjawab pertanyaan dengan menanyakan pertanyaan lagi. Ini terkadang bisa membuat frustrasi bagi pasangannya, jika mereka mengharapkan jawaban langsung. Proses pembuatan keputusan ISTP seluruhnya internal, sehingga mereka tidak merasa terlalu perlu untuk membagi pendapatnya dengan orang lain. Saat mereka berinteraksi dengan orang lain, mereka ada dalam mode "pengambil informasi", sehingga mereka cenderung menanyakan pertanyaan ketimbang berbagi pandangan. ISTP hanya merasa tidak perlu untuk menampilkan dirinya sendiri sepenuhnya kepada orang lain. Saat waktunya untuk hubungan dekat, ISTP punya motivasi lebih untuk melindungi dirinya sendiri. Kebanyakan ISTP takut untuk berurusan dengan perasaan terdalamnya. Karena preferensi Thinkingnya mendominasi kepribadiannya, sisi Feelingnya adalah fungsi yang berkembang paling akhir (inferior). Akibatnya, ISTP biasanya cukup rentan dan mungkin lemah saat berurusan dengan perasaannya. Kebiasaannya untuk menyimpan bagian dirinya juga bisa memperkuat tujuan untuk membangun tembok pelindung di sekitar hatinya.

Meskipun ISTP biasanya tidak memiliki sisi Feeling yang berkembang dengan baik, mereka seringkali memiliki perasaan intens terhadap orang-orang. Mereka bisa merasakan cinta yang luar biasa untuk pasangannya, meskipun mereka cenderung tidak mengungkapkan emosinya, atau untuk dengan tidak cukup atau tidak tepat mengungkapkannya jika mereka melakukan usaha terhadap ekspresi. Meskipun demikian, tidak seperti kebanyakan tipe kepribadian lainnya, ISTP merasakan kasih sayang yang kuat satu hari pada suatu waktu. Satu hari, mereka mungkin merasa dengan sepenuhnya, dengan intens jatuh cinta dengan pasangannya, dan di hari berikutnya mereka bisa sama sekali tidak tertarik, atau mungkin bahkan siap untuk move on. Tipe "hidup untuk saat ini" punya pendekatan yang berbeda dengan bagaimana kebanyakan tipe lainnya merasakan perasaannya, dan maka dari itu sulit bagi kebanyakan orang untuk pahami. Akibatnya, ISTP bisa dianggap "plin-plan" atau "dingin". Sebenarnya, mereka tidaklah benar-benar berubah-ubah, dan tentu saja tidak dingin. Mereka hanya merasakan hidupnya pada basis saat demi saat, dan menjalaninya dengan mengalir saja secara alami. Akan tetapi, karena kebanyakan orang butuh komitmen lebih daripada yang bisa ditawarkan saat mengambil hal berdasarkan hari per hari, ISTP yang ingin tetap dalam hubungan harus mengatasi dirinya agar terbiasa dengan komitmen yang lebih tradisional. Bagi kebanyakan ISTP, membuat komitmen untuk hubungan dekat akan memerlukan suatu usaha untuk menarik dirinya keluar dari zona nyaman. Maka dari itu, bagi mereka yang melakukannya, mereka akan menyadari bahwa mereka bisa menikmati kebaikan dari hubungan yang kuat yang berkomitmen dan masih bisa tetap menjalani hidupnya di masa sekarang.

Meskipun dua individu yang telah mengembangkan diri dengan baik dari tipe kepribadian apapun dapat menikmati hubungan yang sehat, pasangan alami bagi seorang ISTP adalah ESTJ, atau ENTJ. Fungsi dominan dari ISTP yaitu Introverted Thinking sangat cocok dipasangkan dengan seseorang yang fungsi dominannya adalah Extraverted Thinking. Kombinasi ISTP/ESTJ adalah ideal, karena keduanya berbagi preferensi Sensing yang sama dalam memahami dunia, tetapi ISTP/ENTJ juga merupakan kombinasi yang bagus.

ISTP Sebagai Orang Tua

"Kamu adalah busur dari anak mu sebagai anak panah hidup yang dikirim ke luar...

Biarlah lekukan mu di tangan Pemanah untuk kesenangan hati;

Karena sama seperti Dia menyukai anak panah yang terbang,

Begitu pula Dia menyukai busur yang stabil." - Kahlil Gibran

ISTP fleksibel, santai, orang tua yang tidak mengontrol yang lebih suka mengambil hal ketika tiba saatnya hal itu datang. Ketidaksukaannya untuk mengontrol dan dikontrol orang lain berimbas ke anaknya juga, dan akibatnya mereka cenderung memberikan anaknya banyak ruang bernafas untuk pertumbuhan individu. Akan tetapi, saat disiplin diperlukan, ISTP akan mampu mengelolanya tanpa mengalami banyak kesulitan. Mereka bisa memiliki kesulitan dalam mengumpulkan antusiasme untuk mendisiplinkan anaknya, tetapi saat mereka melakukannya itu akan bisa efektif.

Orang tua ISTP cenderung memelihara jarak antara dirinya dan anaknya. Mereka tidak merasakan kebutuhan kuat untuk meneruskan nilai-nilainya kepada anaknya, atau untuk mempengaruhi keputusannya dalam hidup. Mereka cenderung bergantung pada pasangannya untuk membuat lingkungan terstruktur bagi anak-anaknya untuk tinggal. ISTP tidak suka diarahkan atau dikontrol, dan cenderung tidak mengarahkan dan mengontrol orang lain - termasuk anaknya sendiri. Mereka cenderung relatif tidak terlibat pada kejadian sehari-hari dalam kehidupan keluarga, tanpa membuat usaha sadar untuk tetap tertarik.

ISTP akan menikmati meluangkan waktu satu demi satu dengan anaknya mengikuti aktifitas luar ruangan, seperti memancing, berlayar, berburu, dll. Pada momen privat itulah ISTP akan mengambil kesempatan untuk mengetahui sudut pandang anaknya, dan untuk menyampaikan minat dan sudut pandang si ISTP.

ISTP Sebagai Seorang Teman

ISTP memiliki antusiasme, pendekatan kekanak-kanakan pada hidup yang menarik bagi orang lain. Sebagai seorang Introvert Thinker, mereka juga memiliki beberapa substansi nyata baginya yang mencegah mereka untuk bersikap sembrono dan hedonis dalam usahanya. Mereka santai dan fleksibel, dan umumnya menerima banyak jenis prilaku. Atribut itu membuatnya dihargai oleh teman dan kekasihnya.

ISTP biasanya memiliki pilihan teman yang menyukai kecintaannya pada hobi dan hiburan tertentu. Mereka mungkin memiliki teman yang sering diajak bermain ski, dan teman lainnya yang mereka ajak main biliar, dll. Mereka umumnya tidak punya minat atau kesabaran pada individu yang tidak berbagi minatnya, dan akan meluangkan waktu sedikit atau tidak sama sekali dengan mereka. Mereka merasakan saat yang sulit untuk memahami orang dengan preferensi iNtuitive yang terlalu kuat, dan cenderung tidak meluangkan waktu dengan individu tersebut kecuali mereka berbagi minat atau hobi yang sama. Mereka menikmati meluangkan waktu dengan para Extravert, yang antusias, sifat cerewet terlihat menarik bagi ISTP yang lebih tertutup, tetapi mereka pada akhirnya akan bosan dengan "buih-buih"nya. ISTP mampu bergaul dengan baik dengan orang dari tipe kepribadian manapun, tetapi cenderung menghargai dan terikat hanya pada mereka yang memiliki minat yang sama dengannya.



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.