Mode Operasi 16 Tipe Kepribadian

502 12/17/2017 - 11:26 Miarana ExSys
Mode Operasi 16 Tipe Kepribadian

Bagaimana Cara Kerja Fungsi Tipe Kepribadian?

Kita semua secara alami menggunakan satu mode operasi di dalam masing-masing kategori lebih mudah dan lebih sering daripada kita menggunakan mode operasi yang lain. Sehingga, kita bisa katakan bahwa kita "lebih suka/lebih prefer" ke satu fungsi ketimbang fungsi lainnya. Kombinasi dari keempat "preferensi" kita menetapkan apa tipe kepribadian kita. Meskipun setiap orang bisa berfungsi di seluruh spektrum preferensi, masing-masing individu memiliki preferensi alami yang cenderung bersandar ke satu arah atau yang lainnya di dalam empat kategori itu.

Arah Aliran Energi kita menentukan bagaimana kita menerima bagian penting dari stimulasi kita. Apakah kita menerimanya dari diri kita sendiri (Introverted) atau dari sumber luar (Extraverted)? Apakah fungsi dominan kita terfokus ke luar diri atau ke dalam diri?

Topik mengenai bagaimana kita Mengambil Informasi Masuk berurusan dengan metode preferensi kita dalam mengambil dan menyerap informasi. Apakah kita mempercayai kelima indera kita (Sensing) untuk mengambil informasi, ataukah kita bergantung pada insting kita (iNtuitive)?

Tipe preferensi ketiga, bagaimana preferensi kita dalam Membuat Keputusan, mengarah pada apakah kita lebih cenderung untuk memutuskan hal-hal berdasarkan pada pertimbangan logis dan objektif (Thinking), atau berdasarkan pada sistem nilai subjektif personal kita (Feeling).

Tiga referensi pertama tersebut merupakan dasar dari teori Tipe Kepribadian yang diungkapkan oleh Jung. Isabel Briggs Myers kemudian mengembangkan lagi teori preferensi keempat, yang berfokus pada bagaimana kita berurusan dengan dunia luar dalam basis sehari-hari. Apakah kita terorganisir dan terarah, dan lebih nyaman dengan lingkungan yang terjadwal, dan terstruktur (Judging), ataukah kita cenderung lebih fleksibel dan beragam, dan lebih nyaman dengan lingkungan terbuka dan kasual (Perceiving)? Dari sudut pandang teoretis, kita mengetahui bahwa jika fungsi tertinggi Extraverted kita adalah fungsi Pengambil Keputusan, kita lebih prefer Judging. Jika fungsi tertinggi Extraverted kita adalah fungsi Pengambil Informasi, maka kita lebih prefer Perceiving.

Tipe-Tipe Kepribadian Saat Ini

Teori dari Tipe Kepribadian, sebagaimana yang telah dikenal hingga sekarang, berpendapat bahwa:

  • Seorang individu secara primer bisa jadi: Extraverted atau Introverted
  • Seorang individu secara primer bisa jadi: Sensing atau iNtuitive
  • Seorang individu secara primer bisa jadi: Thinking atau Feeling
  • Seorang individu secara primer bisa jadi: Judging atau Perceiving

Kemungkinan kombinasi dari preferensi dasar tersebut membentuk 16 Tipe Kepribadian yang berbeda. Ini bukan berarti bahwa semua (atau bahkan kebanyakan) orang-orang akan jatuh dengan tepat ke satu kategori atau yang lainnya. Jika kita belajar dengan cara menerapkan alat ini sehingga kita tahu bahwa kita secara primer adalah Extraverted, itu bukan berarti bahwa kita juga tidak melakukan aktivitas Introverted. Kita semua berfungsi pada semua mode-mode itu dalam basis sehari-hari. Seiring dengan kita tumbuh dan belajar, kebanyakan dari kita bisa mengembangkan kemampuan untuk berfungsi dengan baik dalam mode yang tidak alami bagi kepribadian dasar kita. Pada waktu susah dan penuh cobaan dalam hidup, kita mengembangkan beberapa area dari diri kita lebih banyak dari area lainnya. Dengan mengingat hal ini, sudah menjadi jelas bahwa kita tidak bisa mengkotak-kotakan masing-masing orang ke rumus-rumus pasti untuk suatu prilaku. Namun demikian, kita dapat mengenali preferensi alami kita, dan mempelajari tentang kekuatan dan kelemahan alami kita dalam konteks itu.

Teori Tipe Kepribadian berpendapat bahwa masing-masing dari kita memiliki preferensi alami yang jatuh pada satu kategori atau yang lainnya dalam masing-masing empat area yang ada, dan bahwa Tipe Kepribadian alami kita mengindikasikan bagaimana kecenderungan kita dalam berurusan dengan situasi berbeda yang hadir dalam hidup, dan lingkungan yang bagaimana yang paling nyaman dengan diri kita.

Mempelajari tentang Tipe Kepribadian kita membantu kita untuk memahami mengapa beberapa area dalam hidup bisa menjadi sangat mudah bagi kita, namun beberapa area lainnya justru terasa sangat sulit dan penuh perjuangan. Mempelajari tentang Tipe Kepribadian orang lain membantu kita untuk dapat memahami cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan mereka, dan mengetahui yang terbaik dari mereka.

Penasaran dengan apa Tipe Kepribadian mu? Klik disini untuk mencari tahu!



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.