Potret Tipe Kepribadian ESFJ

1.715 11/18/2017 - 22:36 Miarana ExSys
ESFJ - Extraverted Feeling with Introverted Sensing - The Caregiver

Sebagai seorang ESFJ, mode primer mu dalam menjalani hidup terfokus ke luar diri, dan kamu berurusan dengan hal-hal berdasarkan pada bagimana kamu merasa tentang mereka, atau bagaimana mereka cocok dengan sistem penilaian pribadi mu. Mode sekunder mu adalah terfokus ke dalam diri, dimana kamu mengambil hal-hal masuk melalui kelima indra mu secara literal dan konkret.

ESFJ adalah pribadi penyayang - mereka mecintai orang-orang. Mereka dengan hangat tertarik pada orang lain. Mereka menggunakan karakteristik Sensing dan Judgingnya untuk mendapatkan informasi spesifik, mendetil tentang orang lain, dan mengubah informasi ini jadi penilaian suportif, mendukung untuk orang lain. Keinginannya adalah mencintai orang lain, dan punya kemampuan spesial untuk menghasilkan yang terbaik dari diri orang lain. Mereka sangat baik dalam membaca orang lain, dan memahami sudut pandang orang itu. Keinginan kuat dari ESFJ untuk dicintai dan agar semua jadi puas membuatnya sangat suportif bagi orang lain. Orang-orang suka bergaul dengan ESFJ, karena ESFJ punya karunia spesial untuk selalu membuat orang merasa nyaman dan senang.

ESFJ mengambil tanggungjawabnya dengan sangat serius, dan sangat bisa diandalkan. Mereka menghargai keamanan dan stabilitas, dan punya fokus kuat pada detil-detil hidup. Mereka bisa melihat jauh lebih cepat, bahkan sebelum orang lain melakukan apa yang harus dikerjakan,  dan melakukan apapun yang diperlukan untuk memastikan itu bisa selesai. Mereka menikmati jenis tugas seperti itu, dan sangat baik pada bidang itu.

ESFJ pribadi yang hangat dan bersemangat. Mereka perlu pengakuan dari orang lain untuk merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Mereka tersakiti oleh pengabaian dan polosnya tidak paham apa itu kejahatan, kekejaman dan hal-hal sejenis. Mereka adalah pribadi yang sangat murah hati, yang merasakan kebahagiaan tertinggi dari kebahagiaan orang lain. Mereka ingin dihargai sebagaimana diri mereka adanya, dan apa yang mereka beri. Mereka sangat sensitif terhadap orang lain, dan bebas memberikan perhatian praktis. ESFJ adalah pribadi yang sangat perhatian, hingga terkadang mereka merasakan saat yang sulit untuk melihat atau menerima kenyataan pahit tentang seseorang yang mereka sayangi.

Dengan adanya Extraverted Feeling yang mendominasi kepribadiannya, ESFJ terfokus untuk membaca orang lain. Mereka punya kebutuhan kuat untuk disukai, dan memegang kendali. Mereka sangat baik dalam membaca orang lain, dan seringkali merubah cara mereka sendiri agar lebih menyenangkan bagi siapapun yang sedang mereka ajak.

Sistem penilaian ESFJ  terdefinisikan secara eksternal. Mereka biasanya punya gagasan yang terbentuk dengan sangat baik tentang bagaimana sesuatu seharusnya, dan tidak sungkan untuk mengungkapkan pendapat-pendapat tersebut. Namun rupanya, mereka menimbang nilai-nila dan moralnya berdasarkan dunia di sekitarnya, ketimbang terhadap sistem penilaian internalnya. Mereka bisa punya kode moral yang kuat, tapi itu terdefinisikan oleh masyarakat yang mereka tinggali, ketimbang oleh nilai-nilai internal apapun yang dirasakan kuat.

ESFJ yang beruntung dibesarkan dan dikelilingi oleh sistem nilai yang kuat yang etis dan terpusat pada kebaikan murni akan jadi jiwa yang paling baik, paling murah hati yang akan dengan senang hati memberikan apapun yang dia punya untuk orang lain tanpa berpikir panjang. Bagi pribadi-pribadi seperti itu, kualitas tanpa pamrih dari tipe kepribadiannya adalah asli dan murni. ESFJ yang tidak berkesempatan untuk mengembangkan nilai-nilainya sendiri dengan menimbangnya berdasarkan sistem nilai luar yang baik mungkin mengembangkan nilai yang sangat perlu dipertanyakan. Dalam kasus ini, ESFJ seringkali tidak punya pemahaman internal dari nilai-nilai untuk menyetelnya langsung. Dalam menimbang nilainya terhadap masyarakat kita, mereka menemukan banyak dukungan untuk pelanggaran moral apa pun yang mereka ingin untuk dibenarkan. Akibatnya, ESFJ berjenis ini tentunya adalah pribadi yang sangat berbahaya. Extraverted Feeling mendorongnya untuk menguasai, mengendalikan, memanipulasi, dan kurangnya Intuisi mencegahnya untuk melihat big picture. Mereka biasanya cukup populer dan baik dengan orang-orang, dan tentunya pandai dalam memanipulasi mereka. Tidak seperti sepupu ENFJnya, mereka tidak punya intuisi untuk membantunya paham akibat dari tindakannya. Mereka terdorong untuk memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka sendiri, dan yang mengherankan mereka percaya bahwa apa yang mereka ikuti adalah kode etik moral yang solid.

Semua ESFJ punya kecenderungan alami untuk ingin mengendalikan lingkungannya. Fungsi dominannya menginginkan struktur dan penyusunan, dan mencari penutupnya. ESFJ paling nyaman dengan lingkungan yang terstruktur. Mereka cenderung tidak suka menikmati melakukan hal yang melibatkan analisis abstrak, konsep teoretis, dan impersonal. Mereka gemar membuat tatanan dan struktur, dan bekerja dengan sangat baik pada tugas yang memerlukan kemampuan seperti itu. ESFJ harus berhati-hati dalam mengendalikan orang lain dalam kehidupan mereka yang tidak ingin dikendalikan.

ESFJ menghormati dan percaya pada hukum dan aturan dari otoritas, dan percaya bahwa orang lain juga harus melakukannya. Mereka itu tradisional, dan memilih untuk melakukan hal-hal dengan cara yang telah ditetapkan, ketimbang menjelajah kedalam wilayah yang tidak berdasar. Kebutuhan mereka akan keamanan mendorong penerimaan dan ketaatan mereka terhadap kebijakan sistem yang telah mapan. Kecenderungan ini mungkin menyebabkan mereka terkadang secara buta menerima aturan-aturan tanpa mempertanyakan atau memahaminya terlebih dahulu.

Seorang ESFJ yang mengembangkan dirinya kurang dari ukuran ideal cenderung merasa sangat tidak aman, dan memusatkan semua perhatiannya untuk memuaskan orang lain. Dia sendiri juga bisa jadi sangat mengontrol, atau terlalu sensitif, membayangkan niat buruk yang saat itu sebenarnya tidak ada.

ESFJ menggabungkan banyak sifat yang terkait dengan wanita dalam masyarakat kita. Namun rupanya, ESFJ pria biasanya tidak sedikit pun feminim. Kebalikannya, ESFJ khususnya sangat sadar tentang peran gender dalam masyarakat kita. ESFJ pria akan sangat maskulin (meskipun sensitif saat Anda mengenal mereka), dan ESFJ wanita akan jadi sangat feminine.

ESFJ terbaik adalah pribadi yang hangat, penuh welas asih, penolong, bekerja sama, bijaksana, bersemangat, dan energik. Mereka suka tradisi dan keamanan, dan akan mencari kehidupan yang stabil yang kaya akan kontak dengan kerabat dan keluarga.

Urutan fungsi jungian:               

  1. Dominant: Extraverted Feeling 
  2. Auxiliary: Introverted Sensing   
  3. Tertiary: Extraverted Intuition  
  4. Inferior: Introverted Thinking



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.