Potret Tipe Kepribadian INFP

5.018 11/18/2017 - 22:50 Miarana ExSys
INFP - Introverted Feeling with Extraverted Intuition - The Idealist

Sebagai INFP, mode primer mu dalam menjalani hidup terfokus ke dalam diri, dimana kamu berurusan dengan hal-hal berdasarkan pada bagaimana kamu merasa tentang mereka, atau bagaimana mereka cocok dengan sistem penilaian pribadi mu. Mode sekunder mu adalah terfokus ke luar diri, dimana kamu mengambil hal-hal masuk utamanya menggunakan intuisi mu.

Para INFP, lebih dari tipe kepribadian iNtuitive Feeling lainnya, terfokus pada bagaimana membuat dunia menjadi tempat yang baik bagi semua orang. Tujuan utama mereka adalah untuk menemukan arti kehidupan. Apa tujuannya? Bagaimana mereka bisa melayani kemanusiaan dengan baik dalam kehidupannya? Mereka adalah seorang idealis dan perfeksionis, yang mendorong dirinya dengan keras dalam pencarian akan pencapaian tujuan-tujuan yang telah mereka tetapkan sendiri.

INFP sangat intuitif terhadap orang. Mereka berpatok dengan kuat pada intuisi untuk membimbingnya, dan menggunakan penemuannya untuk terus menerus mencari nilai dalam hidup. Mereka dalam misi terus menerus untuk menemukan kebenaran dan makna dibalik hal-hal. Setiap pertemuan dan setiap bagian informasi yang didapat diayak melalui sistem nilai yang dimiliki INFP, dan dinilai apakah memiliki potensi untuk membantu INFP mendefinisikan atau menyaring jalannya sendiri dalam hidup. Tujuan di akhir jalan itu selalu sama - INFP terdorong untuk membantu orang-orang dan membuat dunia jadi tempat yang lebih baik.

Secara umum bijaksana dan perhatian, INFP adalah pendengar yang baik dan santai. Meski mereka bisa jadi agak tertutup dalam mengekspresikan perasaan, mereka punya kepedulian yang mendalam dan secara murni tertarik dalam memahami orang-orang. Ketulusan ini dirasakan oleh orang lain, membuat INFP jadi teman yang dihargai dan dipercaya. Seorang INFP bisa jadi sangat hangat dengan orang yang mereka kenal baik.

INFP tidak menyukai konflik, dan suka menjauh sejauh-jauhnya untuk menghindari itu. Jika mereka harus berhadapan dengannya, mereka akan selalu mendekati dari perspektif perasaannya. Dalam situasi konflik, INFP menempatkan sedikit kepentingan pada siapa yang salah dan siapa yang benar. Mereka memusatkan perhatian pada cara konflik membuat mereka merasa, dan tentunya tidak benar-benar peduli apakah mereka benar atau salah. Mereka tidak ingin merasa buruk. Sifat ini kadang membuatnya terlihat tidak rasional dan tidak logis dalam situasi konflik. Di sisi lain, INFP sangat mahir sebagai mediator, dan khususnya bagus dalam menyelesaikan konflik orang lain, karena mereka secara intuisi memahami sudut pandang dan perasaan orang, dan secara murni ingin menolong mereka.

INFP aslinya fleksibel dan santai, hingga satu dari nilai-nilai mereka dilanggar. Saat sistem penilaian mereka terancam, INFP bisa jadi pembela yang agresif, bertarung dengan gagah untuk pembelaannya. Ketika seorang INFP mendapat tugas atau pekerjaan yang mereka sukai, itu biasanya jadi "pembelaan" baginya. Meski mereka bukan pribadi yang berorientasi detil, mereka bisa menjangkau setiap kemungkinan detil dengan tekad kuat dan semangat saat bekerja untuk "pembelaan"nya.

Ketika tiba saatnya pada detil-detil keduniaan dari pemeliharaan hidup, INFP biasanya benar-benar tidak sadar pada sesuatu hal. Mereka bisa lewat jauh tanpa menyadari adanya tumpahan di karpet, tapi dengan hati-hati dan teliti membersihkan setitik debu dari sampul buku catatannya.

INFP tidak suka berurusan dengan fakta keras dan logika. Fokus mereka pada perasaan dan Kondisi Manusia membuatnya sulit untuk berurusan dengan penilaian impersonal. Mereka tidak paham atau percaya pada validitas penilaian impersonal, yang mana membuatnya secara alami lebih tidak efektif dalam menggunakannya. Kebanyakan INFP akan menghindari analisis impersonal, meski beberapa telah mengembangkan kemampuan ini dan mampu untuk jadi cukup logis. Dalam tekanan, INFP seringkali menyalahgunakan logika keras dalam kobaran kemarahan, melempar fakta-fakta (yang seringkali tidak akurat) dalam ledakan emosional.

INFP punya standar sangat tinggi dan perfeksionis. Akibatnya, mereka biasanya sangat keras terhadap dirinya sendiri, dan tidak memberi dirinya imbalan yang cukup. INFP mungkin punya masalah ketika bekerja dalam tim, karena standar mereka biasanya lebih tinggi dari anggota lainnya. Dalam situasi tim, mereka bisa punya masalah "kontrol". INFP perlu usaha lebih dalam menyeimbangkan idealismenya yang tinggi dengan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa menyelesaikan konflik ini, mereka tidak akan pernah bahagia dengan dirinya sendiri, dan mereka bisa jadi bingung dan mentok dalam mencari apa yang harus dilakukan dalam hidupnya.

INFP biasanya seorang penulis unggul. Mereka bisa jadi canggung dan tidak nyaman saat mengungkapkan dirinya secara verbal, tapi punya kemampuan mengesankan untuk mendefinisikan dan mengungkapkan apa yang mereka rasa dalam kertas. INFP juga sering ditemui dalam profesi pelayanan sosial, seperti konseling dan pendidikan. Mereka sangat baik dalam situasi dimana mereka bekerja untuk kebaikan publik, dan dimana mereka tidak perlu menggunakan logika keras.

INFP yang berjalan pada sisi kepribadiannya yang dikembangkan dengan baik bisa mencapai hal besar dan hebat, meski demikian mereka akan jarang memberikan penghargaan pada dirinya sendiri. Beberapa katalis humanistik hebat yang pernah lahir di dunia ini adalah seorang INFP.

Urutan fungsi jungian:               

  1. Dominant: Introverted Feeling 
  2. Auxiliary: Extraverted Intuition 
  3. Tertiary: Introverted Sensing    
  4. Inferior: Extraverted Thinking



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.