Potret Tipe Kepribadian INTP

3.365 11/18/2017 - 22:53 Miarana ExSys
INTP - Introverted Thinking with Extraverted Intuition - The Thinker

Sebagai seorang INTP, mode primer mu dalam menjalani hidup terfokus ke dalam diri, dimana kamu berurusan dengan hal-hal secara rasional dan logis. Mode sekunder mu adalah terfokus ke luar diri, dimana kamu mengambil ha-hal masuk utamanya menggunakan intuisi mu.

INTP hidup di dunianya kemungkinan teoritis. Mereka melihat segalanya dalam kaitannya dengan bagaimana hal itu bisa di tingkatkan, atau apa yang bisa dibuat dengan hal itu. Mereka hidup utamanya di dalam pikirannya sendiri, punya kemampuan untuk menganalisis masalah sulit, mengenali pola, dan muncul dengan penjelasan logis. Mereka mencari kejelasan dalam segala hal, dan maka dari itu terdorong untuk membangun pengetahuan. Mereka  adalah si "profesor linglung", yang sangat menghargai kecerdasan dan kemampuan untuk menerapkan logika hingga teori untuk menemukan solusi. Mereka khususnya sangat punya dorongan untuk mengubah masalah menjadi penjelasan logis, sehingga mereka menjalani kebanyakan hidupnya di dalam kepalanya sendiri, dan mungkin tidak memberi cukup kepentingan atau nilai pada dunia luar. Dorongan alaminya untuk mengubah teori menjadi pemahaman konkret bisa berubah menjadi perasaan pribadi sebagai penanggungjawab untuk memecahkan masalah teoritis, dan membantu masyarakat bergerak maju ke tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

INTP menghargai pengetahuan di atas segalanya. Pikirannya terus menerus bekerja untuk menghasilkan teori-teori baru, dan untuk membuktikan atau menyangkal teori sebelumnya. Mereka mendekati masalah dan teori dengan antusiasme dan skeptisisme, mengabaikan aturan-aturan dan pendapat yang sudah ada dan mendefinisikan pendekatannya sendiri menuju resolusi. Mereka mencari pola dan penjelasan logis untuk setiap hal yang menarik perhatiannya. Mereka biasanya sangat cemerlang, dan mampu secara objektif menjadi kritis dalam analisisnya. Mereka suka gagasan baru, dan jadi sangat tertarik pada abstraksi dan teori. Mereka suka memperbincangkan konsep-konsep itu dengan yang lain. Mereka mungkin terlihat "pemimpi" dan punya jarak dengan yang lain, karena mereka menghabiskan banyak waktunya di dalam pikirannya berkutat dengan teori-teori. Mereka benci melakukan pekerjaan rutin - sehingga lebih memilih untuk membangun solusi-solusi teoretis rumit, dan menyerahkan bagian implementasi dari sistemnya pada orang lain. Mereka mungkin secara intens tertarik pada teori, dan akan memberi banyak waktu dan tenaga untuk menemukan sebuah solusi masalah yang telah mengguncang minatnya.

INTP tidak suka memimpin atau mengontrol orang. Mereka sangat toleran dan fleksibel dalam kebanyakan situasi, kecuali satu dari kepercayaannya yang dipegang kuat telah dilanggar atau ditantang, maka dalam hal ini mereka bisa menunjukan sikap kaku. INTP cenderung jadi sangat pemalu ketika bertemu orang baru. Namun rupanya, INTP sangatlah percaya diri dan terbuka pada orang-orang yang mereka kenal baik, atau ketika mendiskusikan teori yang mereka mengerti sepenuhnya.

INTP tidak punya pemahaman atau tidak begitu menghargai pembuatan keputusan yang berdasarkan pada subjektifitas atau perasaan pribadi. Mereka bekerja keras terus menerus untuk mencapai kesimpulan logis dari suatu masalah, dan tidak paham pentingnya atau hubungan dari penerapan pertimbangan emosional subjektif pada keputusan. Karenanya, INTP biasanya sangat tidak nyambung dengan bagaimana orang-orang merasa, dan secara alami tidak peka pada perasaan dan kebutuhan orang lain.

INTP bisa punya masalah dalam hal membesarkan diri dan pemberontakan sosial, yang akan bentrok dengan potensi kreatifnya. Karena sisi Feelingnya merupakan sifat yang berkembang paling terakhir, INTP mungkin mengalami kesulitan untuk memberikan dan mendukung yang tentunya merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan dekat. Jika si INTP tidak menyadari nilai dari kepekaan terhadap perasaan orang lain, dia bisa jadi terlalu kritis dan sarkastik terhadap orang lain. Jika INTP tidak mampu menemukan tempat untuk dirinya yang bisa mendukung penggunaan kemampuan terkuatnya, secara umum mereka mungkin menjadi negatif dan sinis. Jika INTP tidak mengembangkan sisi Sensingnya secara cukup, mereka bisa jadi tidak sadar terhadap lingkungannya, dan memperlihatkan kelemahan dalam melakukan tugas-tugas pemeliharaan rutin, seperti membayar tagihan dan berpakaian dengan benar.

Bagi INTP, sangatlah penting untuk mengungkapkan gagasan dan fakta secara utuh dan benar. Mereka cenderung mengungkapkan dirinya sendiri dengan cara yang mereka percayai sebagai kebenaran mutlak. Terkadang,  pemahaman gagasan yang mereka pikirkan dengan baik tidak dapat dipahami oleh orang lain, tapi INTP secara alami cenderung tidak menyesuaikan kebenaran sehingga bisa menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti kepada orang lain. INTP cenderung meninggalkan projek ketika mereka telah menguasainya, dan lanjut ke hal berikutnya. INTP perlu memberikan kepentingan lebih pada usaha untuk mengekspresikan teori-teori yang telah dikembangkan dengan cara yang mudah dimengerti. Karena akhirnya, penemuan luar biasa tidak ada artinya jika kamu seorang yang paham akan hal itu.

INTP biasanya sangat tidak bergantung, unik, dan asli. Mereka tidak terlalu memberi penghargaan pada tujuan tradisional seperti popularitas dan keamanan. Mereka biasanya berkarakter kompleks, dan bisa cenderung kurang instirahat dan tempramental. Mereka sangat berbakat, dan punya pola pemikiran yang tidak biasa, banyak terobosan sains di dunia ini yang telah dibuat oleh para INTP.

INTP menjadi yang terbaik saat dia bisa bekerja pada teori-teorinya secara bebas. Ketika diberi lingkungan yang mendukung kejeniusannya yang kreatif dan kemungkinan eksentrisitasnya, INTP bisa mencapai hal yang benar-benar luar biasa. Merekalah pelopor pemikiran baru di masyarakat kita.

Urutan fungsi jungian:               

  1. Dominant: Introverted Thinking           
  2. Auxiliary: Extraverted Intuition 
  3. Tertiary: Introverted Sensing    
  4. Inferior: Extraverted Feeling



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.