Sejarah Ditemukannya 16 Tipe Kepribadian

701 12/16/2017 - 23:26 Miarana ExSys
Sejarah Ditemukannya 16 Tipe Kepribadian

Apa itu Tes Tipe Kepribadian?

Tes Tipe Kepribadian (Psikotes Kepribadian Online Interaktif) adalah alat yang memiliki banyak kegunaan. Umumnya diketahui karena kegunaannya dalam bidang pertumbuhan dan pengembangan diri. Mempelajari dan menerapkan teori dari tipe kepribadian bisa menjadi pengalaman yang powerful dan menyenangkan, jika ia digunakan sebagai alat untuk mencari tahu, ketimbang sebagai metode untuk mengkotak-kotakan orang ke dalam sekat, atau sebagai pembenaran atas suatu prilaku.

Enam belas tipe kepribadian yang mana kita gunakan dalam salah satu aplikasi sistem pakar di Miarana ExSys adalah berdasarkan pada penilitian terkenal oleh Carl Jung, Katharine C. Briggs, dan Isabel Briggs Myers. Carl Jung pertama kali menerapkan teori bahwa masing-masing individu memiliki tipe psikologis. Dia mempercayai bahwa terdapat dua jenis "fungsi" dasar yang digunakan manusia dalam hidupnya: bagaimana kita mengambil informasi (bagaimana kita "mempersepsikan" hal-hal), dan bagaimana kita membuat keputusan. Dia mempercayai bahwa di dalam kedua kategori tersebut, terdapat dua fungsi yang bekerja secara berlawanan.

Kita dapat mempersepsikan informasi melalui:

  1. indera-indera kita, atau
  2. melalui intuisi kita.

Kita dapat membuat keputusan berdasarkan pada

  1. logika objektif, atau
  2. perasaan subjektif

Jung mempercayai bahwa kita semua menggunakan keempat fungsi tersebut dalam hidup kita, tetapi masing-masing individu menggunakan fungsi yang berbeda dengan jumlah frekuensi dan keberhasilan yang bervariasi. Dia percaya bahwa kita dapat mengenali suatu urutan preferensi untuk fungsi-fungsi tersebut pada diri seseorang. Fungsi yang paling sering digunakan oleh seseorang adalah fungsi "dominan"nya (ke-1). Fungsi dominan itu didukung oleh sebuah fungsi auxiliary (bantu) (ke-2), selanjutnya tertiari (ke-3), dan terakhir fungsi inferior (ke-4). Dia menegaskan bahwa setiap individu fungsi dominannya adalah bisa "extraverted" atau "introverted", karena fungsi ini membayangi semua fungsi lain dalam kaitannya untuk menentukan tipe kepribadian. Maka dari itu, Jung menetapkan delapan tipe kepribadian:

  1. Extraverted Sensing (tipe modernnya: ESFP, ESTP)
  2. Introverted Sensing (tipe modernnya: ISTJ, ISFJ)
  3. Extraverted Intuition (tipe modernnya: ENFP, ENTP)
  4. Introverted Intuition (tipe modernnya: INFJ, INTJ)
  5. Extraverted Thinking (tipe modernnya: ESTJ, ENTJ)
  6. Introverted Thinking (tipe modernnya: ISTP, INTP)
  7. Extraverted Feeling (tipe modernnya: ESFJ, ENFJ)
  8. Introverted Feeling (tipe modernnya: INFP, ISFP)

Pengembangan Lebih Lanjut

Katharine Briggs kemudian menguraikan hasil penelitian Jung, secara senyap berkutat dengan projeknya sendiri untuk mengembangkan teori ini lebih jauh lagi. Akan tetapi, anak perempuan Katharine yaitu Isabel lah yang benar-benar bertanggungjawab atas dimungkinkannya Tipe Kepribadian terlihat bagi kalangan umum. Isabel, menggunakan karya Jung dan ibunya, menekankan pentingnya fungsi bantu bekerja dengan fungsi dominan dalam menetapkan Tipe Kepribadian. Sambil menggabungkan fungsi  bantu ke dalam gambaran, jadi nampak bahwa ada preferensi mencolok lainnya yang belum ditetapkan oleh Jung: Judging dan Perceiving. Teori yang telah dikembangkan saat ini adalah bahwa setiap individu memiliki mode operasi utama yang dibagi menjadi empat kategori yaitu:

  1. Arah aliran energi kita
  2. Bagaimana kita mengambil informasi
  3. Cara yang lebih kita sukai dalam membuat keputusan
  4. Gaya hidup dasar sehari-hari yang lebih kita sukai

Dalam masing-masing kategori tersebut, kita "lebih suka" untuk menggunakan diantaranya:

  1. Extraverted atau Introverted
  2. Sensing atau iNtuitive
  3. Thinking atau Feeling
  4. Judging atau Perceiving

Demikianlah sedikit rangkuman ulasan mengenai adanya Enam Belas Tipe Kepribadian yang telah dikenal oleh banyak orang maupun lembaga atas kegunaannya yang sangat luar biasa dalam membantu mengenali Tipe Kepribadian orang-orang di dunia ini.

Penasaran dengan Apa Tipe Kepribadian Mu? Ayo ikuti tesnya secara gratis di sini.



Psikotest Online Interaktif

Psikotes Kepribadian

Ikuti psikotes online interaktif untuk mengetahui potensi diri mu serta kecocokan posisi pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian mu, analisis hubungan, keluarga dan perkembangan diri.

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi: Pemeriksaan payudara. Dokter akan memeriksa kedua payudara dan kelenjar getah bening di ketiak Anda, merasakan adanya...

Autism (ASD)

Kisaran dan tingkat keparahan gejala bisa sangat bervariasi. Gejala umum meliputi kesulitan komunikasi, sulitnya interaksi sosial, minat obsesif dan perilaku berulang.

Kecocokan Percintaan

Kecocokan Percintaan Zodiak Pria Wanita ini akan mencoba membantu mu untuk menemukan pasangan yang tepat sehingga dapat saling mengisi dan membentuk suatu hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan.